Aplikasi Android HKBP (unofficial)

Horas,

Sebagai salah seorang jemaat HKBP, saya termasuk sering mencari tahu perkembangan HKBP. Saya sempat aktif di Demuda (dewasa muda) atau yang lebih dikenal dengan nama Naposobulung HKBP (NHKBP). Setelah mencari-cari aplikasi HKBP di Google Playstore, dan saya menemukan aplikasi yang dirilis oleh Kantor Pusat HKBP. Tetapi mohon maaf, aplikasi tersebut tidak layak untuk sekelas HKBP, sekte terbesar se-Asia Tenggara. Ini pandangan saya bukan hanya sebagai pengguna, tetapi sekaligus yang memiliki latar belakang IT. Aplikasi tersebut hanya merupakan webview, yang mohon maaf lagi, tidak menarik. Adanya iklan fullscreen overlay (iklan melayang) yang ukurannya cukup besar juga sangat mengganggu. Sejujurnya saya tidak akan protes dengan adanya iklan, asal letak dan waktunya tidak mengganggu user experience. Saya tidak tahu apakah ini memang disetujui oleh kantor pusat atau hanya keputusan si pengembang aplikasi tersebut untuk mendapatkan penghasilan dari ads.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengembangkan aplikasi ini. Ya, setelah sekian lama vakum karena berbagai kesibukan, saya akhirnya kembali berkutat dengan coding. Jujur saja beberapa aplikasi yang saya kembangkan dengan alasan adanya kebutuhan untuk dipakai pribadi atau untuk pelayanan. Akhirnya jadilah aplikasi HKBP (Unofficial) bukanlah aplikasi resmi HKBP. Aplikasi ini merupakan bagian dari proyek Diakonia Indonesia (diakonia.id), sebuah yayasan yang ingin saya dirikan :D. Sejujurnya saya ingin membuatnya sebagai aplikasi resmi HKBP, tetapi saya tidak memiliki kontak dengan Kantor Pusat HKBP. Jikalau kedepannya ini bisa dijadikan aplikasi resmi HKBP tentu saja sangat bagus. Siapa tahu diantara rekan pembaca ada yang punya kontak dengan Kantor Pusat HKBP atau kemungkinan ada tim Kantor Pusat HKBP yang membaca tulisan saya ini, jangan ragu menghubungi saya. Saya dengan senang hati akan membantu perkembangan HKBP, khususnya dibidang digitalisasi.

 

Berikut ini fitur resmi aplikasi HKBP (Unofficial) :

– Website Resmi HKBP
– Buku Ende (Bahasa Batak)
– Buku Nyanyian (Bahasa Indonesia)
– Lagu Favorit
– Read Later Article
– Sharing feature
– HKBP’s Social Media
– Tentang HKBP: Visi, Misi dan Prinsip HKBP; Sejarah HKBP; Tahun Penting HKBP; Tahun Liturgi; Katekismus Martin Luther
– Almanak (coming soon)

 

Silahkan unduh aplikasi android HKBP di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bonpascamp.hkbp

Jika Anda punya ide untuk pengembangan kedepannya, menemukan bug, atau ingin mendukung pengembangan aplikasi ini (baik berupa buku atau donasi), silahkan hubungi kami.

Berikut ini tampilannya:

 

sipeop na godang ndang marlobi-lobi, si peop na otik ndang hurangan.

 

Sunardo Panjaitan

 

on

Tinggalkan Pesan