Festival Danau Toba 2014 diadakan di Tobasa

Kemeriahan Festival Danau Toba kembali siap digelar tahun ini. Rencananya, pesta rakyat ini akan diadakan pada September 2014 mendatang.
17-21 September 2014 dipilih sebagai tanggal pelaksanaan Festival Danau Toba. Tahun ini, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dipilih sebagai tuan rumah. Ini sesuai dengan Rapat yang baru baru ini diadakan Oleh Panitia (Pihak Tuan Rumah) dengan Pihak Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang saat itu dihadiri oleh Sapta Nirwandar (Wamen Parekraf) 

Festival Danau Toba

Kadis Budpar Ultri Simangunsong menyampaikan, even FDT kali ini lebih mengetengahkan pada sisi culture tourism (wisata budaya) dan sport tourism (wisata olahraga). Selama lima hari, kedua sisi tersebut akan sangat ditonjolkan.

Even FDT kali ini lebih mengetengahkan pada sisi Culture Tourism/ Wisata Budaya dan Sport Tourism/ Wisata Olah Raga. Selama 5 (lima) hari penyelengaraannya, jenis Sports Tourism, yang akan diperlombakan  yakni  paralayang,  solu bolon,   arung jeram, Lake Toba Drum Festival dan World Super Swim yakni lomba renang berskala internasional.

Selain itu FDT 2014 juga akan menampilkan pameran parekraf, seminar pariwisata, fashion show, pertunjukan budaya, dan lomba menyanyi paduan suara dan solo. Dalam berbagai even yang dilakukan, pihaknya berupaya menampilkam keunikan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki.

Beberapa contoh kegiatan budaya lainnya antara lain Lake Toba Drum Festival. Kegiatan ini dilatarbelakangi karena adanya keunikan, mengingat hasil penelitian, hanya 4 negara yang memiliki melody drum.

Dukungan juga diperoleh dari kabupaten tetangga dan TB Centre yang akan menggelar pra FDT untuk membantu promosi dan menyemarakkan FDT. Kegiatan tradisional seperti lomba solu bolon hias, lomba marhonong, lomba martumba, lomba baca tulis aksara Batak, maminta gondang, mangandung dan lainnya direncanakan akan digelar selama pra FDT. 

Kegiatan tradisional seperti lomba solu bolon hias, lomba marhonong, lomba martumba, lomba baca tulis aksara Batak, maminta gondang, mangandung dan lainnya direncanakan akan digelar selama pra-FDT.

sumber : 1,2

.

sipeop na godang ndang marlobi-lobi, si peop na otik ndang hurangan.

BATAKPEDIA

on
Tags: , ,

Tinggalkan Pesan