Kejutan ‘Demi Ucok’ di FFI 2012

Jakarta – Pengumuman nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2012 di Metropole, Jakarta, Senin (26/12/2012) malam memberikan kejutan bagi khalayak pecinta film di Tanah Air. Salah satu sumber kejutan itu adalah film berjudul ‘Demi Ucok’ yang meraih 8 nominasi.

Banyak bisik-bisik terdengar. “Demi Ucok? Kok baru denger sih, itu film apa?” Sebagian yang lain merasa telah ketinggalan karena belum sempat menyaksikan film tersebut di bioskop. Jangan salah! Film itu memang belum diputar untuk umum. ‘Demi Ucok’ baru akan tayang di bioskop pada 3 Januari 2013.

‘Demi Ucok’ adalah film karya produser, sutradara dan penulis skenario Sammaria Simanjuntak. Nama ini sebelumnya pernah membuat kejutan yang sama, ketika bersama dengan Sally Anom Sari memenangkan piala FFI 2009 untuk skenario asli terbaik, lewat film ‘Cin(t)a’ yang juga diproduserinya.


Kali ini, Sammaria kembali membiayai sendiri filmnya lewat rumah produksi Kepompong Gendut. Seunik nama PH tersebut, ia pun menggelar acara unik untuk peluncuran ‘Demi Ucok’. Film tersebut diputar perdana lewat sebuah acara layar tancap di tengah perkampungan padat di Bandung.

‘Demi Ucok’ adalah sebuah drama komedi tentang pencarian jodoh berlatar budaya Batak. Ucok adalah simbol pria idaman bagi para orangtua Batak yang ingin memilihkan jodoh untuk putrinya. Film ini dibintangi oleh Geraldine Sianturi, Saira Jihan, Sunny Soon, dan Mak Gondut yang memerankan dirinya sendiri dengan sangat kocak.

Mak Gondut dan Geraldine masuk nominasi FFI 2012 masing-masing sebagai pemeran pembantu wanita terbaik, dan pemeran utama wanita terbaik. Total, ‘Demi Ucok’ mengantongi 8 nominasi termasuk kategori film terbaik, dan sutradara terbaik untuk Sammaria Simanjuntak.

Sebagai calon film terbaik, ‘Demi Ucok’ bersaing dengan ‘Lovely Man’, ‘Rumah di Seribu Ombak’, ‘Soegija’ dan ‘Tanah Surga, Katanya’. Dengan tema ‘Film Kita Wajah Kita’, puncak acara FFI 2012 akan digelar di halaman Benteng Vredeburg, Yogyakarta, 10 Desember.

 

sumber : http://hot.detik.com/movie/read/2012/11/27/163225/2102942/229/kejutan–demi-ucok–di-ffi-2012

sipeop na godang ndang marlobi-lobi, si peop na otik ndang hurangan.

BATAKPEDIA

on
Tags: ,

Tinggalkan Pesan