Kuliner dan Kue Khas Batak

Berikut ini akan kami ulas beberapa makanan khas Batak, Sumatera Utara yang terkenal dan disukai para wisatawan di berbagai daerah dan Negara.

Arsik

Kuliner khas Sumatera Utara ini merupakan salah satu masakan yang terkenal dari daerah Tapanuli. Arsik ini merupakan menu masakan ikan mas bumbu kuning dengan sisiknya yang tidak dibuang. Rasa yang khas dari arsik ini karena bumbu yang digunakannya terbuat dari beberapa komponen khas dari beberapa wilayah Sumatera Utara, seperti andaliman, asam cikala, dan bumbu lainnya lengkuas, dan serai. Semua bumbu tersebut dicampur dan digiling hingga halus dan kemudian ikan mas tadi dilumuri  dengan bumbu yang sudah digiling tadi. Lalu ikan digoreng dengan sedikit minyak dengan api yang tidak terlalu besar.
arsik
Mie Gomak
Ada terdapat Spaghetti ala Sumatera Utara. Tidak kalah rasanya dengan spaghetti lainnya. Mie ini dinamakan mie gomak.
mie_gomak
Saksang
Saksang merupakan masakan yang hampir sama seperti masakan rica-rica daging Manado. Saksang ini biasanya ditemui pada saat acara-acara adat. Saksang dalam khas Toba daging yang digunakan adalah daging babi atau daging anjing. Daging tersebut dicincang lalu dimasak dengan darah, santan serta rempah-rempahnya.
saksang
Lappet
Lappet terbuat dari tepung beras, kelapa serta gula aren. Lappet ini dibuat membentuk limas yang dibungkus dengan daun pisang.
lappet
Kacang Sihobuk
Kacang Sihobuk merupakan makanan ringan khas Tapanuli Utara yang memili rasa kacang yang renyah. Anda bisa menjadikan kacang sihobuk ini sebagai oleh-oleh, bisa ditemukan di sekitar daerah Danau Toba dan Sibolga.

kacang_sihobuk

 
Itulah beberapa kuliner khas Batak, Sumatera Utara yang bisa anda cicipi.

 

 

sipeop na godang ndang marlobi-lobi, si peop na otik ndang hurangan.

BATAKPEDIA

on
Tags: ,

Comments are closed.