FAQ

Apa itu http://batakpedia.org?

  • http://batakpedia.org merupakan situs ensiklopedia suku dan budaya Batak. Batakpedia diharapkan bisa menjadi ensiklopedia yang lengkap, walaupun saat ini masih belum memenuhi harapan.

Apa batakpedia.org merupakan organisasi waralaba/profit?

  • Tidak. Batakpedia adalah situs non profit/ nirlaba yang bertujuan untuk melestarikan budaya Batak.

Apa tujuan/latar belakang Batakpedia?

  • Batakpedia dibuat dengan tujuan melestarikan,mengenalkan Batak, terutama budaya Batak. Dilatar belakangi dengan keprihatinan developer bahwa sudah banyak orang Batak yang tidak tahu budaya Batak (salah satunya berbahasa Batak), bahkan cenderung malu untuk berbahasa batak atau malah malu jadi orang Batak. Malah sebaliknya orang lain yang tertarik dengan ‘Batak’.

Tadi disebutkan bahwa Batakpedia adalah organisasi non profit/nirlaba, lalu dana hosting + domain + pengembangan Batakpedia dari mana?

  • Semua dana untuk hosting + domain + pengembangan Batakpedia saat ini merupakan dana swadaya dari kantong developer.

Mengapa Anda masih membuat situs-situs batak, bukankah sudah banyak situs yang lain yang lebih dulu ada?

  • Benar memang sudah banyak situs budaya Batak (yang kontennya berisi informasi tentang Batak), lalu buat apa kami membuat situs ini lagi? Hmmmm..kami balik bertanya, “Bukankah dengan semakin banyak situs tentang budaya Batak semakin bagus? Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda Batak adalah generasi yang bertanggung jawab. Karena dengan demikian budaya Batak itu tidak akan punah (dan semakin berkembang) dan generasi muda tidak akan lupa akan budayanya”.
  • Situs ini kami karena kami memiliki rasa cinta budaya dan kebanggan menjadi orang Batak. Kami sudah memulai usaha kami ini sejak mulai masuk di bangku perkuliahan (tahun 2006), mulai dari mengumpulkan source yang berhubungan dengan budaya Batak, mempelajari (sekaligus memverifikasi :D), membuat aplikasi desktop (2008/2009), kemudian mengembangkan aplikasi berbasis web(situs batakpedia.org ini :D) di tahun 2010 hingga sekarang ini (dan masih dalam tahap pengembangan)

Anda masih muda, jika mengandalkan pengetahuan Anda tentang budaya Batak maka kebenaran konten situs ini diragukan. Pertanyaan saya, sumber-sumber Anda darimana saja?

  • Ya, benar sekali kami memang masih sangat mudah. Jika tolak ukurnya adalah usia, pengetahuan, dan pengalaman, jujur kami belum ada apa-apanya dibanding “akka natuatuanta sijolojolo tubu” dan kami pun masih belajar. Sumber-sumber kami adalah para “natuatua na di huta, akka raja parhata, raja adat”, Raja Naopat/Maropat Marpaung (Almarhum) sian Lumban Tala, Raja Mardinding Jansen Panjaitan sian huta Narumonda, Parbaringin A.Sinambela sian Pangasean dari Bius Siantar Narumonda, beberapa Forum Lembaga Adat yang didirikan di Kabupaten Toba Samosir, narasumber ini secara langsung pernah kami jumpai. Tulisan-tulisan para pemerhati budaya Batak dari Internet antara lain : Prof. Uli Kozok, Pdt.Daniel Taruliasi Harahap, Monang Naipospos, Sandra Niessen, dan masih banyak lagi.
  • Sementara sumber lain dari Internet ada banyak sekali, terutama : http://web.tiscali.it/batak/ dan http://tanobatak.wordpress.com (mohon maaf, tidak bisa kami sebutkan satu persatu).

Mengapa namanya Batakpedia ?

  • Ide penamaan batakpedia sendiri berasal dari kata wikipedia yang menjadi situs ensiklopedia yang juga bersifat nirlaba/non profit.

Bagaimana dengan lisensi kamus, artikel, umpama, dan konten lain batakpedia?

  • Semua konten Batakpedia merupakan milik umum suku Batak dan Indonesia, istilah lisensi yang lebih tepat mungkin adalah BY-NC-SA.  Jadi jikalau isi dari situs Batakpedia berbeda dengan yang Anda ketahui, harap dimaklumi. Adat dan budaya Batak tidak ada yang mutlak benar, antara satu wilayah dengan wilayah lain mungkin memiliki perbedaan. Selain itu ada faktor human error.

Saya lihat BatakPedia hanya mendokumentasikan Batak Toba, bagaimana dengan etnis Batak lain?

  • Saat ini BatakPedia baru memulainya dengan Batak Toba (Tobanese). Untuk etnis/sub Batak lainnya kedepannya akan kami kembangkan. Harap maklum, keterbatasan dana dan resource menjadi salah satu menjadi hambatan utama

Bagaimana cara Saya berkontribusi?

  • Ada banyak cara untuk berkontribusi. Dengan mencintai dan bangga menjadi orang Batak secara tidak langsung Anda sudah ikut berkontribusi dalam memajukan/melestarikan budaya Batak. Secara khusus Anda bisa mendukung dengan bergabung bersama kami dengan menjadi kontributor atau pengguna Batakpedia, atau ingin menjadi sponsor. Jika Anda ingin bergabung dengan kami silahkan mendaftar .
    Untuk info lebih lanjut tentang pengembang saat ini, silahkan baca “Tentang Developer“. Untuk feedback : kritik, saran, pertanyaan, bug reporting atau donasi, silahkan hubungi kami melalui email : batak[at]batakpedia.org atau Anda dapat menghubungi kami melalui Form Hubungi Kami.

    Ikatlah ilmu pengetahuan dan bagikan dengan cara menuliskannya