Kamus Bahasa Batak – Indonesia (BatakDict) di Fedora – RedHat – CentOS

Untuk tulisan lebih detail, sebelumnya sudah dipublish di http://batakdict.sourceforge.net/

BatakDict adalah program sederhana Kamus Bahasa Batak – Indonesia dan Kamus Bahasa Indonesia – Batak.  Program kamus bahasa Batak ada berapa yang tersedia seperti TobaIndoKamus di Windows. Program ini sepengetahuan developer masih Batak – Indonesia, belum menyediakan Indonesia – Batak. Selain itu belum mempunyai fitur untuk mengedit (menambah,mengedit,dan menghapus) entry kata. Namun bagaimana dengan Anda pengguna Linux, misalnya Fedora, Ubuntu (2 distro yang paling banyak digunakan untuk Linux Desktop)? Juga bagaimana jika Anda ingin mengedit (menambah,mengedit,dan menghapus) entry kata?

Untuk itulah developer BatakPedia mengembangkan BatakDict.

Download dan Instalasi:

Download batakDict di Download batakDict file. Untuk sistem operasi Linux, pastikan GTK 2.12.8 sudah terisntall dengan baik. Anda bisa menginstallnya dari source tarballnya, binary filenya, atau menggunakan third party seperti yum (di RedHat).

untuk instalasi batakDict sendiri sbb (via command line/terminal):

[root@localhost ~]# yum install gtk2
[root@localhost ~]# rpm -Uvh http://jaist.dl.sourceforge.net/project/batakdict/batakdict-0.1-2.i386.rpm

atau bisa dengan cara, Anda mendownloadnya terlebih dahulu dari sini, kemudian double klik untuk instalasinya. Ikuti selanjutnya.

Berikut ini screensoot tampilannya :

Enjoy and Proud To Be Bataknese!!!

Feedback dan donasi :

Jika Anda mengalami masalah dalam instalasi, bug reporting, punya pertanyaan, saran, dan kritik yang bersifat membangun :D) dan donasi silahkan hubungi kami atau saya pribadi via japri.

sipeop na godang ndang marlobi-lobi, si peop na otik ndang hurangan.

BATAKPEDIA

on
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

3 Responses

Pingbacks/Trackbacks

Tinggalkan Pesan